Inilah Nusantara (Sehat) !

Kalau berhubungan dengan langkah kaki, pasti ada hubungan dengan mencipta jejak di Nusantara kan ya? Yesss,, You ae right, guys.

Inilah Nusantara (Sehat)!


Kenapa ada sehat-nya nih?


Bukan ala-ala aku ya, jadi ini semacam program pemerintah buat meningkatkan pelayanan kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan, Daerah Bermasalah Kesehatan
 (DTPK). Nah, ini program lagi hits dikalangan anak kesehatan, selain bisa berpetualang dan jalan-jalan, ilmunya juga bisa bermanfaat buat masyarakat. Seru kan?
Jadi, aku yang salah satu tenaga medis diantara ribuan anak medis yang ada, terpilih menjadi bagian dari Nusantara Sehat.

Terus, apa spesialnya?

Spesial dong. Kami anak muda, berangkat dari kampung halaman untuk belajar hijrah ke antah berantah dengan tekad bisa berguna bagi sesama. Sebenarnya udah banyak program yang begitu, dari dunia pendidikan ada SM3T, terus dari DISPORA juga ada PSP-3, dan dari CISDI ada namanya Pencerah Nusantara, ya kami kakak-adek lah sama mereka. Mereka adalah orang-orang spesial di bidangnya. Anak-anak muda, yang masih punya semangat bergelora untuk jadikan Indonesia lebih baik ke depannya. Sederhana memang, tapi tetap spesial kan?

Terus, Langkah kaki yang serunya apa aja? Jejak apa aja nih yang sudah tercipta?


Sudah banyak langkah kaki tercipta. Jejak-jejak sudah banyak mengambil tempat. Rasanya hati juga sudah terlanjur menyimpan banyak kenangan indah. Aaah....... kalau diceritain akan baperan, atau akan mengenang atau akan kisahnya diulang (ini nggak ding).

Jadi semenjak hiatus dari dunia per-blog-an, yang 8 bulan lalu itu, saya bukan nggak kemana-mana. Saya perlahan beranjak dari rasa nyaman. Mulai dari ikut tes Nusantara Sehat yang bertahap-tahap itu belum lagi menunggu pengumumannya yang dinanti penuh harap dan hal-hal lain yang buat pikiran saya melangkah kemana-mana, meski kaki masih berjalan-jalan juga sih.

Hingga kepastian lulus menghampiri dan mulai masuk ranah pembekalan yang katanya di kota besar, tapi tetap tahunya cuma beberapa tempat aja :D *Pusdikkes dan sekitarnya-RSIA Harapan Kita-dan tempat-tempat lain yang kami jangkau karena memang ada keperluan* . Serunya adalah ketemu sama teman-teman dari Sabang sampai Merauke yang keren-keren. Meski profesi kami tidak sama, tapi tekad kami masih sama. 194 orang bergabung di Nusantara Sehat Periode 1 tahun 2016 a.k.a Batch 3. Pribadi yang berbeda dan tak jarang berselisih pendapat, tapi kami lalui dengan semangat. Kami di sini untuk berjuang demi masyarakat di luar sana, bahwasanya kehadiran kami mungkin dinanti banyak orang. Soal Penempatan, kami sudah bersedia ditempatkan di mana saja!
ini dia Pusdikkes Kodiklat TNI-AD, tempatnya LBN terkece!

Mengenang itu semua di bulan ke-4 berada di penempatan ini, kadang menyimpan rindu dengan teman perjuangan yang mungkin medan penempatannya cukup keren buat dikenang. Saya yakin kalau mereka adalah orang-orang yang rela pergi jauh dari keluarga demi mencari tantangan hidup baru. Anak-anak NS itu travellers semua kayaknya! :p

Percaya deh, setelah hijrah kemanapun itu, kamu akan jadi orang yang berbeda dalam memandang setiap masalah yang ada. Sudut pandangmu akan jadi banyak, dan pikiranmu lebih bijaksana. Karena selalu ada ilmu kehidupan yang sepertinya harus dituntut jauh-jauh dari rumah.

~

dan guys, jadi kayaknya tema cerita di blog ini nggak akan jauh-jauh dari kisah saya di penempatan. Karena nyatanya juga 2 tahun ke depan langkah kaki saya akan mencipta jejak di sini.

Di mana? 

Tunggu cerita selanjutnya.
_______________________________

@menciptajejak.





Midwife, Travel enthusiast, Alumni Nusantara Sehat Batch 3 2016, Duta Nusantara Sehat

0 Response to "Inilah Nusantara (Sehat) !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Night Mode