Liburan di Pantai ala Muslimah

alo-alo ..
setiap orang pasti pengen liburan. Mereka kadang menganggap liburan itu sebagai pelepas rutinitas, penghilang beban dan pemasok bahagia. Tak terkecuali para muslimah yang biasanya lebih banyak berdiam di rumahnya. For your information, muslimah yang berhijab juga bisa banget buat liburan ke pantai atau pun daki gunung sekalian. Selama tetap menjaga auratnya dan bersama mahram.
Meski nanti di lapangannya, muslimah akan sedikit ribet dengan pakaiannya. No problem sih ya, muslimah pasti setuju kalau menutup aurat harus, kudu dan wajib! Biasanya mereka yang melihat muslimah seringkali merasa heran dan kasihan, why? Bagi mereka kami ini ribet banget, daki gunung yang pakai rok atau snorkeling pakai pakaian tertutup dan terkesan berat. Sedangkan bagi muslimah, itu semua menjadi ringan manakala yakin bahwa adzab Allah lebih berat dari segalanya.
Well, sebagai muslimah, aku juga suka menemukan hambatan buat traveling. Apalagi pakaian yang dikenakan harus bener-bener pas agar liburan nggak menjadi acara menyebalkan. 
Ini tips dariku:
Do:
  • Pakai baju berbahan kaos yang menyerap keringatan. Suhu di pantai yang lebih hangat dari biasanya akan membuat kita lebih cepat gerah. Jadi usahakan untuk tetap nyaman ya, biar nggak ngeluh kepanasan :D
  • Kenakan rok yang lebar dan berbahan ringan sehingga aurat tetap terjaga (tidak menjiplak bentuk tubuh ya). Gunakan yang berbahan kaos, selain ringan juga tidak menjeplak.
  • Kenakan khimar dengan warna gelap dan berbahan tebal. Agar saat snorkeling tetap nyaman dan aurat terlindungi.
  • Tetap kenakan kaos kaki ya, kadang kita suka malas menggunakannya kalau udah di air.
  • Gunakan dalaman yang ringan agar tidak menambah beban saat snorkeling.
  • Gunakan dalaman jilbab yang nyaman dan aman, kadang rambut suka usil kalau udah di air. Atau rambutnya dikuncir/dikepang aja ya.
  • Pastikan tidak ada aurat yang akan tersingkap sebelum, sedang dan setelah berenang di laut.
  • Jangan lupa menggunakan sunscreen ya. Sinar matahari langsung di siang hari nggak baik buat kulit kita. 
  • Do sama mahram ya, bisa saudara atau suami sendiri. Selain aman, kamu bisa menjadikan mereka sebagai pegangan hihi.
Don't
  • Pakai jilbab dengan warna terang dan ribet. Please deh, jangan sampai aurat yang sudah dijaga dengan baik malah tersingkap dengan bebas.
  • Menggunakan pakaian berbahan jersey, karena aku yakin bakalan menempel di tubuh kalian dan memperlihatkan aurat tanpa disadari.
  • Menggunakan baju renang yang biasa digunakan. Jangan sekali-kali mencoba ya, karena sudah jelas sekali aurat bakalan terlihat dengan jelas. Bukannya fungsi hijab menutupi?
  • Snorkeling sendirian. Meskipun kalian udah mahir jangan coba sendiri ya, karena itu akan berbahaya.

Nah, itu tadi tips simpel dan mudah dariku. Perlu diingat, acara apapun itu tetap syari ya. Sebab itulah kewajiban kita yang mesti dilaksanakan. Kalau merasa nggak mampu untuk tetap syari, ya udah liburannya di kalangan private aja.

Karena aurat kalian bukan untuk mereka perhatikan.
Salam sayang dari sesama muslimah yang ingin saudarinya tetap dalam taat dalam segala keadaan.
©menciptajejak.
Midwife, Travel enthusiast, Alumni Nusantara Sehat Batch 3 2016, Duta Nusantara Sehat

0 Response to "Liburan di Pantai ala Muslimah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Night Mode